✍🏽RINGKASAN MATERI
Alhamdulillah😍 kita telah sampai di Bab 8. Pada bab ini kalian akan mempelajari materi dengan elemen akhlak yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Tema besar materi kali ini adalah "Menghindari Gadab dan Gibah agar Hidup Nyaman dan Berkah". Berikut ringkasan pokok materi yang akan kalian pelajari di bab 8 ini.
Ini yang akan kalian pelajari
😡Gadab (Marah): Emosi negatif yang bisa merusak hubungan.
🤫Gibah (Gosip): Ngomongin keburukan orang lain di belakang.
🤔Cara Mengendalikan Gadab: Banyak zikir, sabar, dan cari solusi.
😥Dampak Gibah: Menghancurkan persahabatan dan menambah dosa.
Ini yang harus kalian ingat!
Marah itu wajar, tapi jangan sampai merusak hubungan. Orang yang sabar dan bisa mengendalikan emosinya lebih disayang Allah. Kalau lagi marah, coba tarik napas, zikir, atau ambil wudhu. Jangan juga suka gibah ya, karena gosip cuma bikin dosa bertambah dan hati nggak tenang. Yuk, jadikan lisan kita penuh dengan kata-kata baik yang bikin orang lain bahagia. Ingat, kata-kata baik itu sedekah!
💡STRATEGI BELAJAR
Cermin Diri: Aku Pernah Marah dan Ngomongin Siapa?
Mari kita mulai dari diri sendiri 🥳dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.
Pernahkah kalian merasa marah? Bagaimana rasanya?
Apa yang membuat kalian marah saat itu? dan mengapa itu bisa terjadi?
Pernahkah kalian menggosip di sekolah? Apa yang paling sering kalian gosipkan saat itu?
Menurut kalian bagaimana cara menghindari marah dan gosip? Coba berikan tips dan trik yang mungkin saja mudah untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari
📌Kenapa sih ini Penting?
Karena kesadaran dimulai dari pengalaman pribadi. Saat kita menengok ke dalam, kita akan merasa lebih terhubung dan bertanggung jawab atas sikap kita sendiri. Ini jadi pondasi untuk berubah ✨
Ayo Berkolaborasi
Kini kalian sampai pada bagian ke dua dalam strategi belajar ini🥳, yakni Observasi. Pada bagian ini kalian akan dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil, tujuannya adalah membangun kesiapan dalam bekerjasama dengan orang lain. Yuk, kita mulai membentuk kelompok dengan didampingi guru pengajar.
Ini yang harus kalian lakukan di dalam kelompok
Setelah kalian bersama dengan kelompok masing-masing, silakan bagi tugas dan peran di setiap individu, ya. Satu orang sebagai koordinator kelompok, dua orang sebagai presentator, satu orang sebagai notulen yang menulis laporan, satu orang bertugas mendokumentasikan dan sisanya membuat pertanyaan kepada kelompok lain dan menjawab pertanyaan dari kelompok lain.
Layar Kehidupan: Nonton dan Tanggapi
Bersama dengan anggota kelompok masing-masing, kalian akan melakukan observasi pada video berikut:
Kelompok 1: KLIK DI SINI
Kelompok 2: KLIK DI SINI
Kelompok 3: KLIK DI SINI
Kelompok 4: KLIK DI SINI
Kelompok 5: KLIK DI SINI
Tonton video tersebut di dalam kelompok, kemudian jawab pertanyaan berikut:
kasus apa yang terjadi dalam tayangan video kelompok kalian?
apa yang menyebabkan perisitiwa itu terjadi? jika diperlukan jawaban mendalam, lakukan penelusuran berita di internet
bagaimana sikap kelompok kalian terhadap kejadian dalam tayangan video tersebut? setuju? tidak setuju? berikan alasannya?
kasih saran dong, bagaimana sebaiknya agar kita sebagai muslim memiliki hati yang tenang dan sabar sehingga tidak terjerumus ke dalam sikap ghibah dan ghadab.
Diskusikan pertanyaan tersebut di dalam kelompok kemudian temukan dan tulis jawabannya. Guru akan melakukan uji petik terhadap hasil kerja kelompok masing-masing. Pastikan seluruh anggota kelompok paham dan mengerti.
Kenapa sih ini Penting?
Melalui observasi, kalian belajar dari “cermin luar” alias realitas sosial yang nyata. Ini membangun empati dan pemahaman bahwa dampak gadab dan gibah itu serius, bukan sekadar candaan 🧠
Yuk, Baca dan Amati
Selamat, ya, kalian telah sampai di bagian tiga strategi belajar bab 8, yakni Dalami Materi. Pada bagian ini kalian akan membaca dan memahami materi melalui teks, video, dan ilustrasi lainnya tentang gadab dan gibah. Siap mendalami materi bab 8? KLIK DI SINI
Bedah Ayat dan Hadis
Setelah kalian membaca teks dan mengamati gambar serta video tentang gadab dan gibah, bersama kelompok masing-masing, temukan ayat Al-Qur'an atau Hadis Nabi yang membahas tentang gadab dan gibah. Tuangkan ayat dan hadis tersebut ke dalam aplikasi digital (seperti Canva atau aplikasi lainnya), jadikan poster dengan visual yang menarik.
Tugas ini individu ya, bukan berkelompok, hasil kerja individu dikumpulkan pada koordinator kelompok dan diunggah ke grup FB Ruang Belajar PAI, beri judul: NASIHAT HATI, jangan lupa tuliskan identitas seluruh anggota kelompok, sekolah asal dan kelas. Tag guru pengajar agar karya kalian dapat dinilai.
Oya, jawaban dari pertanyaan di sesi OBSERVASI dituliskan di kolom komentar postingan ini, ya. Masih ingat kan jawabannya? Cukup perwakilan kelompok saja yang menuliskan jawabannya, ya .... Jangan lupa tandai akun guru pengajar.
Kenapa sih ini Penting?
Supaya kalian tidak hanya tahu "ini haram", tapi juga paham kenapa Islam melarangnya. Pembelajaran berbasis dalil memperkuat akidah dan logika keislaman kita📖✨
Debat Hati: Gadab dan Gibah, Bolehkah?
Kali ini kita akan mencoba menyatukan pengetahuan yang telah dipelajari dengan praktik kehidupan nyata sehari-hari, baik di rumah maupun di sekolah. Sesi ini kalian akan belajar secara berkelompok dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:
Dalam video yang ditonton di kelompok masing-masing pada sesi OBSERVASI, manakah yang menurut kalian sering kali terjadi dalam kehidupan kita saat ini? dan mengapa itu bisa terjadi?
seperti apa sih ekspresi marah dan gibah yang diperbolehkan dalam syariat Islam? Jelasin dong.
Diskusikan di dalam kelompok ya, tuliskan jawabannya di kolom komentar postingan NASIHAT HATI di sesi DALAMI MATERI, guru pengajar akan melakukan uji petik terhadap hasil diskusi kalian. Pastikan semua anggota kelompok tahu dan paham jawabannya.
Kenapa sih ini Penting?
Agar kalian tidak berpikir secara hitam-putih. Islam itu fleksibel tapi terarah. Diskusi ini melatih berpikir kritis, adil, dan bijak dalam menilai situasi 👥⚖️
Ayo berkarya dan Menginspirasi
Alhamdulillah, ragam tantangan telah kalian selesaikan sampai pada tahap ini, mulai dari menjawab pertanyaan pemantik, melakukan observasi, membaca materi dan menyimak video, membuat poster digital dengan berkelompok serta menghasilkan peta pikir (mind map) sebagai rangkuman materi.
Kini saatnya kalian berkarya dan menginspirasi orang lain melalui Ruang Aktualisasi ini. Kalian akan membuat proyek berkelompok berupa video edukasi singkat (2-3 menit) tentang cara mengelola emosi dan mencegah gibah di lingkungan sekolah. Perhatikan beberapa ketentuan berikut terkait dengan proyek ini:
Buatlah video edukasi tentang cara mengelola emosi dan mencegah gibah di lingkungan sekolah
Durasi video minimal 2 menit dan maksimal 3 menit
Video dibuat dengan menekankan beberapa aspek berikut: pesan edukatif, kemenarikan dan kreativitas
Carilah referensi di internet agar karya kalian lebih menarik
Unggah video di grup FB Ruang Belajar PAI, jangan lupa menuliskan identitas kelompok (kelompok berapa, kelas, sekolah asal, tandai akun seluruh anggota kelompok). Postingan diberi judul: EDUKASI ANTIGIBAH & ANTIGADAB
Tag (tandai) akun guru pengajar agar karya kalian dapat dinilai
Kenapa sih ini Penting?
Sebagai bagian dari aktualisasi diri dan uji pemahaman kalian tentang materi yang telah dipelajari, proyek ini juga bertujuan menumbuhkan sikap kreatif, kolaboratif, inovatif. Tak kalah penting lagi adalah melalui proyek ini diharapkan kalian mampu menghubungkan materi dengan aksi nyata yang ada di sekolah.
APA YANG DIDAPAT?
Pada tahap ini, kalian akan melakukan refleksi pembelajaran terhadap materi yang telah dipelajari. Sebagai panduan dan rambu-rambu kalian dapat menjawab pertanyaan berikut:
Hal baru apa saja yang kalian alami selama mempelajari materi ini?
Bagaimana perasaan kalian selama mengikuti sesi belajar materi ini?
Apa saja pelajaran penting yang kalian dapatkan setelah mempelajari materi ini?
Apa rencana kalian di masa depan setelah mempelajari materi ini?
Ada dua hal yang dapat kalian lakukan untuk menjawab pertanyaan di atas sebagai bentuk refleksi. Pertama, kalian dapat menuliskan jawaban dari 4 pertanyaan refleksi di atas melalui beranda grup FB Ruang Belajar PAI, atau kalian menjawab pertanyaan tersebut dengan menuliskannya di buku tulis lalu membacakannya secara bergantian di depan kelas.
Alternatif lainnya adalah guru pengajar kalian akan membuat link padlet untuk menjawab pertanyaan refleksi di atas, kalian bisa memasukkan jawaban melalui link tersebut secara individu ya.
Kenapa sih ini Penting?
Melalui aktivitas refleksi dan afirmasi positif, akan menumbuhkan semangat belajar baru, mengingat pengetahuan baru yang dipelajari dan mempraktikkannya di dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Dengan beraktivitas, daya ingat akan materi yang telah dipelajari menjadi lebih kuat.
Pada akhirnya kalian sampai pada sesi akhir langkah pembelajaran pada materi bab 8 ini. Kalian akan menjawab pertanyaan untuk menguji pemahaman dan pengetahuan masing-masing. Oya, tes kompetensi ini sifatnya wajib diikuiti oleh peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh aktiitas belajar dengan langkah pembelajaran alur MODERAT (kecuali alur T yang saat ini sedang diakses). Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan adalah:
Tes ini juga berfungsi sebagai penilaian harian atau ulangan harian
Silakan minta token pada guru pengajar untuk mengakses soal tes kompetensi. Pastikan kalian telah menyelesaikan seluruh aktivitas belajar dan penugasan materi bab 8 pada alur M-O-D-E-R-A
Tidak membagikan token kepada orang lain yang tidak berhak karena penilaian didasarkan pada ketuntasan penugasan pada alur belajar
Siap mengikuti tes kompetensi? Silakan akses soal kalian DI SINI
MENGAPA INI PENTING UNTUK DILAKUKAN?
Selain menguji pemahaman, tes kompetensi ini penting untuk mengetahui sejauh mana keterampilan kalian dalam menulis, menjabarkan dan memaknai materi dan ragam penugasan yang telah dilakukan dalam alur belajar
"Di era informasi ini, ilmu ada di mana-mana. Namun, hanya semangat belajar yang membara yang mampu mengubah informasi menjadi pemahaman, pemahaman menjadi kebijaksanaan, dan kebijaksanaan menjadi kekuatan sejati."