✍🏽RINGKASAN MATERI
Alhamdulillah, kita telah sampai di materi terakhir semester ganjil. Ini nih materi tarikh (sejarah). Di materi ini kita akan belajar bagaimana Islam bisa sampai ke kita seperti saat ini, kita juga akan belajar seperti apa dan bagaimana peran para pendahulu saat membawa Islam masuk ke Indonesia, strategi apa yang mereka gunakan dan bagaimana Islam berkembang dan menyebar luas sampai saat ini.
Yang Akan Kalian Pelajari
Teori masuknya Islam ke Indonesia
Strategi penyebaran Islam di Indonesia
Kerajaan Islam di Indonesia
Kenapa sih ini penting?
Islam tuh agama yang damai. Walau bukan berasal dari Indonesia tapi masuknya Islam ke Indonesia dengan cara yang 'adem' dan 'elegan'. Para ulama dan pendahulu yang membawa Islam masuk dan sampai ke Indonesia memiliki strategi dakwah yang luar biasa, tidak menyinggung, tidak menyakiti, tidak menghakimi. Islam dibawa dengan semangat 'cinta dan kasih sayang', Islam disebarluaskan melalui nilai-nilai moderasi yang tidak menyakiti, Islam kemudian menjadi agama mayoritas di Indonesia karena rahmatan lil alamin yang melekat di dalamnya. Keren, kan?
💡STRATEGI BELAJAR
Dari mana datangnya Islam Kita?
Mari kita mulai dari diri sendiri dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.
Darimana sih Islam berasal? Jelasin dong.
Pernah kepikiran nggak, gimana caranya Islam bisa sampai ke pulau-pulau ini ratusan tahun lalu, padahal belum ada pesawat atau internet?
Menurutmu, kenapa ya Islam bisa diterima dengan baik oleh nenek moyang kita yang dulu sudah punya kepercayaan/agama lain?
Kenapa sih ini penting?
Kita mulai dengan rasa heran dan penasaran tentang asal-usul Islam di tanah air kita sendiri. Ini memancing keingintahuan untuk menjelajahi sejarahnya dan mengapresiasi prosesnya yang luar biasa.
Kolaborasi adalah kunci
Kini kalian sampai pada bagian ke dua dalam strategi belajar ini, yakni Observasi. Pada bagian ini kalian akan dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil (disarankan 5 kelompok sesuai dengan julah teori masuknya Islam), tujuannya adalah membangun kesiapan dalam bekerjasama dengan orang lain. Yuk, kita mulai membentuk kelompok dengan didampingi guru pengajar. Teknis membentuk kelompok ini disesuaikan dengan kondisi masing-masing ya, silakan ikuti instruksi guru pengajar ya...
Jelajah Virtual Jejak Awal Islam: Melacak Jalur di Peta
Pada kegiatan ini kalian akan melacak jejak awal masuknya Islam ke Indonesia melalui peta digital atau peta manual. Hal ini bertujuan agar kalian mengetahui detail bagaimana Islam dibawa dan kemudian masuk lalu menyebar di Indonesia hingga kita terima sampai hari ini. Perhatikan beberapa ketentuan berikut.
Melacak Jalur di Peta Digital
gunakan aplikasi google maps atau google earth
lacak jejak masuknya Islam di Indonesia melalui jalur perdagangan laut kuno yang menghubungkan: Timur Tengah/India/Cina dengan Nusantara (Sumatera, Jawa dan Maluku)
berilah tanda (label) pelabuhan-pelabuhan mana saja yang menjadi jalur masuknya Islam di wilayah tersebut. Cara memberi label BACA DI SINI atau TONTON INI
lakukan tangkap layar (screenchoot gambar) pelabuhan atau tempat lain yang sudah ditandai. Sesuaikan tempat mana saja yang menjadi jalur masuknya Islam ke Indonesia
buatlah bahan tayang (presentasi) dengan menggunakan PowerPoint atau Canva, dan masukkan gambar hasil tangkap layar tersebut ke dalam bahan tayang, sertai dengan keterangan nama tempat, alamat tempat, dan keterangan lain yang dianggap perlu terkait dengan jalur masuknya Islam ke Indonesia
lacak pula artefak/situs kuno (Contoh: Kompleks Makam Fatimah binti Maimun di Gresik, Situs Barus di Sumatera Utara, peninggalan Samudra Pasai, atau masjid-masjid kuno ) yang mendukung bukti awal masuknya Islam ke Indonesia. Sertakan buktinya dalam bentuk gambar (foto atau hasil tangkap layar di google maps)
sertakan jawaban dari pertanyaan berikut di dalam bahan tayang:
mengapa Islam mudah diterima oleh masyarakat pribumi?
bagaimana sebaiknya dakwah itu dilakukan di media sosial seperti saat ini?
pelajaran apa yang bisa kita ambil untuk menjaga kerukukan di era media sosial seperti saat ini?
bagaimana cara generasi muda meneladani sikap para penyebar Islam dulu dalam menghadapi perbedaan terutama di era media sosial seperti saat ini?
bahan tayang yang telah dibuat akan dipresentasikan pada sesi ELABORASI
Melacak Jalur di Peta Manual
gunakan peta manual yang ada di sekolah masing-masing, atau kalian bisa mengunjungi perpustakaan sekolah
lacak jejak masuknya Islam di Indonesia melalui jalur perdagangan laut kuno yang menghubungkan: Timur Tengah/India/Cina dengan Nusantara (Sumatera, Jawa dan Maluku)
berilah tanda (label) pada peta, pelabuhan-pelabuhan mana saja yang menjadi jalur masuknya Islam di wilayah tersebut
gunakan penanda (kertas pos it, selotip, atau penanda lainnya) pada peta. Upayakan penanda tersebut tidak merusak peta asli
dokumentasikan dalam bentuk foto, tempat-tempat yang telah ditandai. beri keterangan nama tempat, alamat tempat, dan keterangan lain yang dianggap perlu terkait dengan jalur masuknya Islam ke Indonesia
lacak pula artefak/situs kuno (Contoh: Kompleks Makam Fatimah binti Maimun di Gresik, Situs Barus di Sumatera Utara, peninggalan Samudra Pasai, atau masjid-masjid kuno ) yang mendukung bukti awal masuknya Islam ke Indonesia. Sertakan buktinya dalam bentuk gambar (foto hasil penelusuran di internet atau di buku referensi di perpustakaan)
sertakan jawaban dari pertanyaan berikut di dalam bahan tayang:
mengapa Islam mudah diterima oleh masyarakat pribumi?
bagaimana sebaiknya dakwah itu dilakukan di media sosial seperti saat ini?
pelajaran apa yang bisa kita ambil untuk menjaga kerukukan di era media sosial seperti saat ini?
bagaimana cara generasi muda meneladani sikap para penyebar Islam dulu dalam menghadapi perbedaan terutama di era media sosial seperti saat ini?
bahan tayang yang telah dibuat akan dipresentasikan pada sesi ELABORASI
Kenapa sih ini Penting?
Biar belajar sejarah nggak cuma baca teks! Kita pakai teknologi buat 'jalan-jalan' virtual melintasi waktu dan lautan, melihat langsung (meski di layar) kemungkinan jalur masuk dan bukti fisik awal kehadiran Islam. Ini bikin sejarah terasa lebih nyata dan visual
Yuk, Baca dan Amati
Selamat, ya, kalian telah sampai di bagian tiga strategi belajar bab 5, yakni Dalami Materi. Pada bagian ini kalian akan membaca dan memahami materi melalui teks, video, dan ilustrasi lainnya tentang gadab dan gibah. Siap mendalami materi bab 5? KLIK DI SINI
Bedah Teori dan Strategi Cerdas
Setelah kalian membaca teks, memperhatikan gambar dan menyimak video pembelajaran, pada bagian ini kalian akan menyempurnakan bahan tayang (paparan) yang telah kalian susun di bagian OBSERVASI. Beberapa penyempurnaan terhadap bahan tayang tersebut disampaikan pada bagian ini. Perhatikan poin berikut:
setiap kelompok membuat infografis sebagai ringkasan bahan tayang. Infografis menampilkan kesimpulan dari seluruh isi dalam paparan. Infografis dibuat dalam bentuk yang menarik dan menggungah
sertakan jawaban dari pertanyaan berikut di dalam bahan tayang:
mengapa teori dalam kelompok Anda adalah teori yang paling meyakinkan? berikan jawaban beserta bukti kuat beserta argumennya
jelaskan enam strategi utama yang digunakan dalam dakwah penyebaran Islam di Indonesia
nilai moderat apa saja yang ada dalam strategi dakwah yang digunakan dalam penyebaran Islam di Indonesia? sertakan dengan bukti-bukti kuat dan argumen sebagai dalil
adakah contoh nyata toleransi atau akulturasi budaya-agama yang masih bisa dilihat/dirasakan di daerah kalian saat ini?
bagaimana sejarah penyebaran Islam di wilayah kalian saat ini berkontribusi pada karakter masyarakatnya?
jangan lupa menunjuk satu orang di dalam setiap kelompok untuk mendokumentasikan dalam bentuk video reels 60-90 detik dengan mode video cinematic dan menarik, saat nanti kelompok presentasi di sesi ELABORASI
Kenapa sih ini Penting?
Kita bongkar 'misteri' dari mana dan kapan tepatnya Islam masuk ke Nusantara lewat berbagai teori seru. Kita juga pelajari 'jurus-jurus' cerdas para penyebar Islam zaman dulu yang bikin ajaran ini diterima luas tanpa paksaan. Ini melatih kemampuan analisis dan menghargai keragaman pendekatan.
Kenapa Mudah Diterima? Pelajaran untuk Kini
sudah separuh perjalanan nih kalian menelusuri jejak Islam di Indonesia. Kini kalian tiba di strategi ke 4 yakni ELABORASI. Di bagian ini kalian akan show up hasil kerja kelompok pada dua strategi sebelumnya, berbagi kepada rekan sejawat, menginspirasi, memberikan umpan balik dan saling bertukan pengetahuan tentang bagaimana Islam masuk ke Indonesia dan kemudian sampai pada kita saat ini.
Bukan hanya itu, kalian juga akan belajar bagaimana keteladanan para ulama dapat menjadi inspirasi untuk diimplementasikan dalam kehidupan kita saat ini, era teknologi, era media sosial. Kira-kira masih relevankah teori tersebut? bagaimana implementasinya dalam kehidupan kini? semua akan terjawab pada sesi ini. Siap? Yuk ...
setiap kelompok akan melakukan presentasi (paparan) dengan bahan tayang yang telah dibuat secara bergantian di depan kelas. presentasi disampaikan oleh dua orang perwakilan kelompok, yang lain menjadi notulen, membantu menjawab pertanyaan dan mendokumentasikan dalam bentuk video reels 90 detik cinematic
guru pengajar akan menjadi moderator yang memandu jalannya presentasi kali ini, agar sesi berjalan lebih seru, yey ...
setiap kelompok menyiapkan 1 pertanyaan dan 1 umpan balik masukan kepada kelompok lainnya yang sedang presentasi. notulen mencatat pertanyaan dan menyiapkan jawabannya dibantu dengan anggota kelompok lain
setiap kelompok mendapatkan waktu maksimal 10 menit untuk presentasi beserta sesi tanya jawab. teknis terkait hal ini akan dipandu oleh guru sebagai moderator, ya ...
jangan lupa anggota kelompok yang telah ditunjuk untuk mendokumentasikan sesi presentasi yang dilakukan dalam bentuk video reels 90 detik cinematic, ya. Lakukan editing agar videomu menarik dan menginspirasi
Kenapa sih ini penting?
Kita nggak cuma belajar 'apa' dan 'bagaimana' sejarahnya, tapi juga 'mengapa'. Kenapa Islam bisa diterima? Dan yang lebih penting, apa hikmahnya buat kita sekarang? Belajar sejarah ini ternyata bisa jadi 'obat' untuk memperkuat toleransi dan persatuan kita di Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika ini
Proyek Mini DIgital: Ayo Menginspirasi
Alhamdulillah, ragam tantangan telah kalian selesaikan sampai pada tahap ini, mulai dari menjawab pertanyaan pemantik, melakukan observasi, membaca materi dan menyimak video, berbagi melalui presentasi dan paparan dengan berkelompok serta menghasilkan dokumentasi dalam bentuk video.
Kini saatnya karya yang telah kalian buat, dibagikan agar orang lain terinspirasi, tergugah dan semakin luas nilai-nilai moderasi tersebar sehingga menjadi kebiasaan baik dalam kehidupan terutama keseharian di sekolah. Perhatikan beberapa ketentuan berikut terkait dengan proyek ini:
bahan tayang yang telah direvisi dan diperbaiki berdasarkan masukan kelompok, disiapkan untuk diunggah ke dalam grup FB Ruang Belajar PAI
video reels 90 detik cinematic yang telah diedit dan dikonsultuasikan pada guru, disiapkan untuk diunggah di grup FB Ruang Belajar PAI
koordinator kelompok mengunggah video dan file (format file PDF) paparan kelompok di grup FB Ruang Belajar PAI, beri judul: JEJAK VIRTUAL: MELACAK JALUR ISLAM DI PETA, jangan lupa sertakan identitas kelompok, kelas, asal sekolah, tandai seluruh anggota kelompok, juga tandai guru pengajar agar karya dapat dinilai.
Kenapa sih ini Penting?
Saatnya jadi sejarawan digital! Kalian diajak mengemas informasi sejarah yang mungkin 'berat' jadi sesuatu yang keren, visual, dan gampang diakses pakai teknologi. Ini cara asyik buat berbagi ilmu sekaligus melatih skill digital kalian.
Bangga Sejarah, Jaga Kerukunan
Pada tahap ini, kalian akan melakukan refleksi pembelajaran terhadap materi yang telah dipelajari. Refleksi ini dilakukan secara individu ya... . Sebagai panduan dan rambu-rambu kalian dapat menjawab pertanyaan berikut:
Hal baru apa saja yang kalian temukan selama mempelajari materi ini?
Apa saja pelajaran penting yang kalian dapatkan setelah mempelajari materi ini?
Setelah tahu proses masuknya Islam yang damai & adaptif, bagaimana sikapmu terhadap keragaman budaya & agama di Indonesia?
Apa satu tindakan nyata yang akan kamu lakukan untuk menjaga toleransi?
untuk menjawab pertanyaan di atas sebagai bentuk refleksi, kalian dapat menuliskan jawaban dari 4 pertanyaan refleksi di atas melalui kolom komentar postingan kelompok yang berjudul: JEJAK VIRTUAL: MELACAK JALUR ISLAM DI PETA, pada bagian RUANG AKTUALISASI di grup FB Ruang Belajar PAI. Jangan lupa sertakan nama, kelas, dan nomor absen.
Kenapa sih ini Penting?
Kita simpulkan pelajaran berharga dari sejarah ini. Kita bangga dengan cara Islam menyebar di negeri ini, dan kita kuatkan tekad untuk meneladani semangat toleransi dan adaptasi itu dalam kehidupan kita sehari-hari, demi Indonesia yang damai
Pada akhirnya kalian sampai pada sesi akhir langkah pembelajaran pada materi bab 5 ini. Kalian akan menjawab pertanyaan untuk menguji pemahaman dan pengetahuan masing-masing. Oya, tes kompetensi ini sifatnya wajib diikuiti oleh peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh aktiitas belajar dengan langkah pembelajaran alur MODERAT (kecuali alur T yang saat ini sedang diakses). Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan adalah:
Tes ini juga berfungsi sebagai penilaian harian atau ulangan harian
Silakan minta token pada guru pengajar untuk mengakses soal tes kompetensi. Pastikan kalian telah menyelesaikan seluruh aktivitas belajar dan penugasan materi bab 5 pada alur M-O-D-E-R-A
Tidak membagikan token kepada orang lain yang tidak berhak karena penilaian didasarkan pada ketuntasan penugasan pada alur belajar
Siap mengikuti tes kompetensi? Silakan akses soal kalian DI SINI
Kenapa sih ini Penting?
Cek pemahaman kita tentang alur cerita besar masuknya Islam ke Nusantara. Udah tahu teorinya? Strateginya? Faktor suksesnya? Dan yang paling penting, udah bisa ambil pelajarannya buat kehidupan kita sekarang? Keren, kan?.
"Pikiranmu adalah tanah subur yang tak terhingga luasnya. Semangat belajar adalah hujan emas yang menumbuhkan benih-benih ide cemerlang, kebijaksanaan, dan impian yang menjulang tinggi."